PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KREATIVITAS BERPIKIR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (FISIKA) KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
fisika 16
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO.,
2012
ABSTRAK Siti Ngatiqoh. 082150039. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berpikir terhadap Prestasi Belajar IPA (Fisika) Kelas VIII SMP Negeri se- Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPA (Fisika) kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo tahun pelajarn 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2012 sampai dengan bulan Juli 2012. Populasi penelitian adalah seluruh SMP Negeri di Kabupaten Purworejo yang berjumlah 43 sekolah. Sampel penelitian 10 sekolah dipilih menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data motivasi berprestasi menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan untuk kreativitas berpikir menggunakan tes terbuka. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan korelasi parsial dan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi berprestasi dan kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPA (Fisika) kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Motivasi berprestasi memberikan sumbangan efektif sebesar 3,3%, kreativitas berpikir member sumbangan efektif sebesar 2,1% terhadap prestasi. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPA (Fisika) sebesar 3,6% sedangkan pengaruh kreativitas berpikir sebesar 2,3% terhadap prestasi belajar IPA (Fisika), secara bersama-sama motivasi berprestasi dan kreativitas berpikir berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA (Fisika) sebesar 5,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: motivasi berprestasi, kreativitas berpikir, prestasi belajar