ABSTRAK Marfungatun. Peningkatan Motivasi Belajar melalui Metode Pendekatan Inquiry Cooperatif pada SMP Negeri 2 Karanggayam Kebumen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Pembelajaran IPA disekolah dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Fisika melalui metode pendekatan ?Inquiry Cooperatif? pada pesert didik SMP Negeri 2 Karanggayam Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Materi Fisika dalam penelitian ini adalah tentang ?Massa Jenis?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setting SMP Negeri 2 Karanggayam Kebumen dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII-D yang berjumlah 38 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan indikator penelitian minimal 30 peserta didik memiliki motivasi belajar yang lebih baik. Hasil PTK menunjukan bahwa melalui pendekatan inquiry cooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 2 Karanggayam, yang semula terdapat 20 dari 38 peserta didik dengan ketuntasan kelas sebesar 52,63%. Pada siklus I meningkat menjadi 28 dari 38 peserta didik dengan ketuntasan 73,68% dan pada siklus ke-II meningkat menjadi 31 dari 38 peserta didik dengan ketuntasan 81,58%. Hal ini melebihi indikator penelitian minimal yaitu 30 siswa (75%) memiliki motivasi yang baik. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi Belajar, Metode Inquiry Cooperatif.