ABSTRAK Laili Subekti. 082150029. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar IPA melalui Model Cooperative Script pada Siswa SMP Negeri 1 Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Puring Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan sikap beberapa siswa yang masih malu bertanya meskipun masih mengalami kesulitan dalam belajar, kurangnya kerjasama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dan siswa kurang berinteraksi baik antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa melalui model cooperative script. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Puring tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 19 siswa putri dan 14 siswa putra. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode angket. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa SMP Negeri 1 Puring. Hal tersebut terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan model cooperative script adalah 58% meningkat menjadi 64% setelah diterapkan model cooperative script untuk siklus I. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran dengan model cooperative script dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: aktivitas belajar, pembelajaran IPA, model cooperative script