ABSTRAK Krisnanto. Pemanfaatan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMP N 38 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Peningkatan Motivasi Belajar kurang dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kontekstual sebagai upaya untuk meningkatkan Motivasi Belajar Fisika siswa di kelas VIII B SMP N 38 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP N 38 Purworejo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni tahun 2012 pada pokok bahasan alat-alat optik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu: metode observasi, metode angket, dan metode tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tehnik Deskripsi Persentase. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa di kelas VIII B SMP N 38 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dari persentase jawaban pengakuan siswa yang diperoleh dari angket Peningkatan Motivasi Belajar siswa, diperoleh persentase rata-rata 58% pada pra siklus menjadi 69% pada siklus I dan menjadi 79% pada siklus II. Berdasarkan data hasil observasi Peningkatan Motivasi Belajar siswa, diperoleh persentase rata-rata 50% pada pra siklus, meningkat menjadi 67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76% pada siklus II. Prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata awal 64,4 menjadi 66,2 pada siklus I dan menjadi 80,6 pada siklus II. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi Belajar, Kontekstual.