ABSTRAK Ayu Anjarsarie Saputri. 2012. 082150011. Pemanfaatan Mainan Tradisional Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII SMP Setya Budi Loano Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih diterapkannya pembelajaran konvensional dan tidak adanya alat-alat praktikum sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman fisika siswa SMP Setya Budi Loano. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan mainan tradisional untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran fisika. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Setya Budi Purworejo, yang berjumlah 12 siswa terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Faktor yang diteliti yaitu berupa peningkatan pemahaman belajar fisika. Data diperoleh dengan metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan alat peraga ?mainan tradisional? ternyata dapat meningkatkan pemahaman belajar fisika pada siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pemahaman belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil observasi pemahaman belajar fisika dari pra siklus yang mempunyai persentase 48% meningkat menjadi 59% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,0% pada siklus II. Secara umum peningkatan pemahaman belajar siswa pada penelitian ini sudah mencapai indikator yang ditentukan oleh peneliti yaitu dapat meningkat minimal menjadi 20? yang merupakan hasil akhir pada penelitian ini. Sehinggadapat dijadikan alternatif guna meningkatkan pemahaman belajar siswa. Kata kunci: pemahaman belajar fisika, alat peraga, mainan tradisional.