ABSTRAK Wisnu Anggoro. 2012. ?Kinerja Guru dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Siswa di SMK Pancasila 1 Kutoarjo?. Skripsi. Purworejo. Pendidikan Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh kinerja terhadap kepuasan siswa; (2) apakah ada pengaruh fasilitas pembelajaraan terhadap kepuasan siswa; dan (3) apakah ada pengaruh kinerja guru dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Pancasila 1 Kutoarjo, Kabupaten Purworejo sebanyak 190 siswa dan diambil 123 siswa sebagi sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kinerja guru guru terhadap kepuasan siswa Pancasila 1 Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dengan diperoleh nilai t hitung sebesar 8,389 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan siswa Pancasila 1 Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dengan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,413 dengan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05; dan (3) Ada pengaruh kinerja guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap kepuasan siswa Pancasila 1 Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dengan diperoleh nilai F hitung sebesar 73,011 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0,549 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (kinerja guru dan fasilitas pembelajaran) dapat menerangkan variasi variabel dependen (kepuasan siswa) dengan kontribusi 54,90% sedangkan sisanya 45,10% diterangkan oleh variabel lain. Kata Kunci: kinerja guru, fasilitas pembelajaran, kepuasan siswa.