UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
Penanda Bagikan

Makalah Seminar (Prosiding)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
pak suyoto M.Pd mat
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta., 2014
Deskripsi Fisik
Hal.: 62-74
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2407-229X
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (four D model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Purworejo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Pada tahap define, dilakukan penelahaan kurikulum kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Hasil dari tahap define dijadikan sebagai acuan perancangan multimedia. Tahap design kemudian menghasilkan draft-I. Pada tahap development draft-I dinilaikan pada validator. Secara umum, validator menilai bahwa multimedia draft-I sudah sesuai dengan SK dan KD serta telah menggunakan bahasa yang baik dan tidak membingungkan siswa. Masukan dari validator meliputi: menambah materi mengenai operasi jam, menambah durasi waktu media, dan memperhatikan jeda waktu antar tampilan sehingga siswa memiliki kesempatan waktu yang cukup untuk memperhatikan secara seksama. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap draft-I sehingga diperoleh draft-II. Draft-II diujicobakan kepada 12 siswa kelas 5 A SD N Purworejo. Dalam tahap tersebut dilakukan observasi mengenai penggunaan multimedia. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tertarik dan antusias selama proses pembelajaran serta 100% siswa suka dengan multimedia yang digunakan. Draft-II selanjutnya direvisi menjadi draft-III. Draft-III diujicobakan kepada seluruh siswa kelas 5 SD N Purworejo. Hasil uji coba diperoleh tobs = 11,537 dengan ttab = 1,670 sehingga H0 ditolak, artinya prestasi siswa yang dikenai pembelajaran dengan multimedia lebih baik daripada prestasi siswa yang tidak dikenai pembelajaran dengan multimedia. Pada tahap dessiminate penyebaran dilakukan penyerahan produk, pelatihan pada guru SD, dan melalui seminar. Kata kunci: pengembangan, multimedia, multiple intelligences
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?