PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI EKSPOSITORIS DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 60
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Umi Sangadah. 2012. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf narasi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013; (2) pengaruh media gambar berseri terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan dalam pembelajaran keterampialn menulis paragraf narasi; (3) peningkatan prestasi keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X setelah memperoleh pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri. Teori yang menjadi acuan adalah teori yang dikemukakan oleh Nurrudin (2010: 71) yang mengemukakan bahwa narasi adalah bentuk tulisan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam satu kesatuan waktu tertentu. Sadiman (2010: 29) mengemukakan bahwa gambar adalah media yang merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dapat dinikmati di mana-mana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Adapun hasil langkah-langkah pembelajaran pada prasiklus, siklus I, dan siklus II meningkat. Pada prasiklus, siswa masih kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah mulai tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan media gambar berseri. Pada siklus II, siswa lebih tertarik dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri. Menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran, kemampuan siswa bertanya, antusias siswa selama proses pembelajaran, keseriusan siswa saat menulis paragraf narasi, dan antusias siswa saat menulis paragraf narasi. Keterampilan menulis paragraf narasi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata menulis paragraf narasi masih rendah yaitu 66,9. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 72,6. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai 78,9. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis paragraf narasi dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Kata kunci: menulis, paragraf narasi ekspositoris, media gambar berseri