ABSTRAK S u bowo. Kajian Psikologis Sastra Tokoh Utama Novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku karya Pipiet Senja dan Pembelajarannya di SMA Kelas XI. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini ialah (1) bagaimanakah psikologis kepribadian tokoh utama (id, ego, dan superego)? (2) bagaimanakah unsur kesadaran tokoh utama? (3) bagaimanakah unsur bawah sadar tokoh utama? (4) bagaimanakah pembelajaran novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku di SMA kelas XI? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan psikologis kepribadian tokoh utama (id, ego, dan superego), mendeskripsikan unsur kesadaran tokoh utama, mendeskripsikan unsur bawah sadar tokoh utama, dan mendeskripsikan pembelajaran novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku di SMA Kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kaulitatif. Objek penelitian ini adalah novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku karya Pipiet Senja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik catat dan teknik observasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kaulitatif. Teknik analisis deskriptif kualitatif ialah mencatat data-data yang ada dalam kartu pencatat data, kemudian dianalisis dengan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya, dalam teknik penyajian hasil analisis data, penulis menggunakan metode informal. Pembahasan dan hasil penelitian tentang kajian psikologis sastra tokoh utama dalam novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku yaitu (1) psikologis kepribadian tokoh utama (Ennie) cenderung mencapai prinsip kesempurnaan superego karena ego mampu mengarahkan ke tujuan yang mulia atau ketahanan diri dapat berfungsi dengan baik. Ego mampu menekan id sehingga karakter superego lebih dominan. (2) unsur kesadaran tokoh utama terlihat ketika Ennie mengetahui sebenarnya Gez adalah seorang psikopat (3) unsur bawah sadar tokoh utama pada awalnya sangat berpengaruh, sehingga tokoh utama cenderung berperilaku agresif dan merusak ketahanan dirinya untuk hidup. (4) novel Tuhan Jangan Tinggalkan Aku layak diajarkan di SMA karena di dalam novel tersebut banyak terkandung perkembangan psikologi jiwa dari para tokoh sehingga dapat dijadikan teladan siswa sekaligus sebagai motivasi siswa untuk belajar. Kata kunci: Kajian psikologi sastra dan pembelajaran.