PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengalaman terpetik (best Practices) pengembangan model pendidikan anti korupsi terintegrasi dalam pembelajaran mata kuliah al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dapat dapat dijadikan model pendidikan anti korupsi bagi perguruan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan model desain desain yang diadposi research dan development (R & D dari Borg dan Gall). Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan yang baru penulis lakukan terdiri atas 2 tahap, yaitu : 1) Pengembangan Model yang menghasilkan model hipotik. Pada tahap pendahuluan diawali dengan preliminery research melalui studi pustaka, wawancara mendalam dengan melibatkan para dosen dan survai lapangan dengan membagikan sebaran angket berupa instrumen penelitian dengan menggunakan skala likert dalam bentuk chek list. Hasil dari angket menunjukan bahwa rata-rata skor 4,1 yang berarti mahasiswa setuju dengan pendidikan anti korupsi di UMP dengan model terintegrasi. Pada tahap pengembangan pengembangan model tahapannya meliputi 1) desain produk 2) validasi desain 3) revisi produk 4) evaluasi dan penyempurnaan 5) model hipotetik. Setelah model hipotetik ini selesai maka tahap selanjutnya peneliti mensosialisasikan produk kepada para dosen AIK sebagai pengguna. Kata kunci : Pendidikan Anti Korupsi, Terintegrasi, Konstektual.