ABSTRAK Siti Buntari. 2012. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gombong?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan media audiovisual, (2) mendeskripsikan pengaruh media audiovisual terhadap sikap dan minat siswa, dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dengan media audiovisual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gombong. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan yang menyatakan bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain (2008: 3-4) dan teori Arsyad yang menyatakan bahwa media merupakan alat bantu apa saja, baik cetak maupun audiovisual serta peralatannya yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran (2011: 3). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gombong dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal 75. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik nontes yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, kuesioner, jurnal, dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik informal yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan media audiovisual yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi mampu membuat pembelajaran menjadi lebih terarah, (2) pembelajaran dengan media audiovisual mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah, pada siklus I meningkat menjadi sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi tinggi. Respons siswa terhadap media yang digunakan pada prasiklus cukup, pada siklus I dan II meningkat menjadi baik, (3) pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan awal siswa dengan rerata hasil tes 65. Pada siklus I meningkat menjadi 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 78. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan media audiovisual terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, media audiovisual