ABSTRAK Dewi, Sinta. ?Analisis Sosiologi Novel Keroncong Cinta Karya Ahmad Faishal dan Pembelajarannya di SMA kelas XI.? Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penulis skripsi ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek-aspek sosiologi yang terdapat dalam novel Keroncong Cinta karya Ahmad Faishal, (2) mendeskripsikan hubungan antaraspek sosiologi dalam novel Keroncong Cinta karya Ahmad Faishal, (3) mendeskripsikan pembelajaran sastra di SMA kelas XI, khususnya aspek-aspek sosiologi yang terdapat dalam Novel Keroncong Cinta karya Ahmad Faishal. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi sastra yang dikemukakan Damono. Damono (1984) menyatakan bahwa sosiologi sastra merupakan pendekatan terhadap sastra dalam mempertimbangkan segi-segi kemasyarakatannya. Subjek penelitian skripsi ini adalah novel Keroncong Cinta. Objek penelitian ini aspek-aspek sosiologi sastra. Instrumen Penelitian ini berupa kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik catat serta teknik pustaka. Dalam teknik analisis data penulis menggunakan analisis isi, yaitu menganalisis, mendeskripsikan, dan mengambil kesimpulan isi novel. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan bahwa (1) aspekaspek sosial novel Keroncong Cinta meliputi; (a) kekerabatan, (b) cinta kasih, (c) etika, dan (d) politik. (2) hubungan antaraspek sosiologi dalam novel Keroncong Cinta karya Ahmad Faishal meliputi: (a) hubungan kekerabatan dengan etika, (b) hubungan cinta kasih dengan etika, (c) hubungan politik dengan cinta kasih, dan (d) hubungan kekerabatan dengan cinta kasih. (3) pembelajaran novel Keroncong Cinta meliputi; (a) standar kompetensi, (b) kompetensi dasar, (c) indikator, (d) tujuan pembelajaran, (e) materi pembelajaran, (f) metode pembelajaran, (g) kegiatan pembelajaran, (h) sumber belajar, (i) nilai-nilai karakter bangsa, dan (j) penilaian. Kata kunci: Analisis sosiologi, pembelajaran.