ABSTRAK Septi Nitaria Puspitarini.Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dalam mengembangkan tema ke dalam paragraf deskripsi? (2) Bagaimanakah kepaduan paragraf deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012? (3) Bagaimanakah kemampuan pemakaian ejaan (khususnya huruf kapital) pada siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dalam mengembangkan tema ke dalam paragraf deskripsi; (2) mendeskripsikan kepaduan paragraf deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012; dan (3) mendeskripsikan kemampuan pemakaian ejaan (khususnya huruf kapital) pada siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Subjekpenelitianadalah siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa.Objek penelitian adalah tulisan paragraf deskripsi siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 tulisan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan cara melakukan tes. Tes diperoleh dengan cara memberikan tugas menulis paragraf deskripsi. Untuk menganalisis data penelitian ini, penulis menggunakan metode agih sebab data penelitian berupa bentukbentuk bahasa, yakni kalimat-kalimat yang terdapat dalam paragraf maupun karangan. Metode agih merupakan metode analisis data yang alat penentuannya bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri (Sudaryanto, 1993: 15). Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V SD Negeri Wolojurutengah Kecamatan GrabagKabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012 sebanyak38,23% dikategorikankurang; (2) kepaduan paragraf deskripsi sebanyak 32,35% dikategorikankurang, dan (3) kemampuan pemakaian huruf kapitalnya sebanyak 94,91% dikategorikan baik sekali. Katakunci: kemampuan menulis, paragraf deskripsi