UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP N 2 AYAH KEBUMEN DALAM MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN STRATEGI AKSELERASI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 50
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Wicaksono, S. Arif. 2012. ?Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP N 2 Ayah dalam Menulis Pengalaman Pribadi dengan Strategi Akselerasi?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi belajar akselerasi pada siswa kelas VII SMP N 2 Ayah; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII SMP N 2 Ayah dalam menulis pengalaman pribadi setelah mereka mengikuti pembelajaran dengan menggunakan stategi belajar akselerasi; dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII SMP N 2 Ayah dalam menulis pengalaman pribadi setelah mereka mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar akselerasi. Teori utama yang menjadi acuan adalah teori Sukirno (2009) yang menjelaskan tentang strategi belajar akselerasi, yakni pembelajaran dengan teknik TANDUR (tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP N 2 Ayah Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang diperoleh siswa berdasarkan dua kriteria, yaitu keberhasilan produk dan keberhasilan proses. Keabsahan data diperoleh dari tanya jawab dan triangulasi. Hasil penelitian: (1) pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi belajar akselerasi pada siswa kelas VII SMP N 2 Ayah dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Baik siklus I maupun siklus II, proses pembelajaran menempuh beberapa tahapan yang disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yakni: tahap pendahuluan, tahap inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan tahap penutup; (2) kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 2 Ayah mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, sampai siklus II. Rata-rata nilai prasiklus adalah 57,6, dan pada siklus I meningkat menjadi 69,7 kemudian meningkat lagi menjadi 79 pada siklus II; (3) hasil observasi, wawancara, dan jurnal siswa menunjukkan bahwa perilaku siswa kelas VII SMP N 2 Ayah menjadi semakin positif setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi belajar akselerasi. Kata kunci: strategi belajar akselerasi, menulis pengalaman pribadi, kelas VII