PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X SMA WIDYA KUTOARJO TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 48
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Rodiyah. 2012. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas X SMA Widya Kutoarjo Tahun Pembelajaran 2011/2012?. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo; (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi ; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo. Teori yang menjadi acuan adalah teori Tarigan (2008: 3-4) yang menyatakan bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain, dan teori Rusman yang menyatakan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam PBM kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalkan melalui proses kerja kelompok maupun individu yang sistematis sehingga siswa dapat menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan (2011:229). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kualitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa dan pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis paragraf argumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mencakup analisis proses dan analisis data produk. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal menurut Sudaryanto. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model PBM yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi mampu membuat pembelajaran menjadi lebih baik, (2) pembelajaran dengan model PBM mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah, pada siklus I menjadi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik. Tanggapan siswa terhadap model yang digunakan pada prasiklus cukup, pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi baik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran pada prasiklus masih kurang, pada siklus I menjadi cukup, dan menjadi baik pada siklus II, (3) pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model PBM dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis dengan rerata tes 59,41. Pada siklus I meningkat menjadi 71,68, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,75. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model PBM terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Kata kunci : menulis paragraf argumentasi, model PBM