PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 46
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Restu Desi Erisona. CR. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.? Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah, (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 31 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan non tes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah. Hal ini dilihat dari hasil nontes siklus I dan siklus II. Hasil observasi pada siklus I, siswa masih cukup kurang dalam mengikuti pembelajaran, pada siklus II ini sebagian besar sudah mulai mengikuti dan menikmati pembelajaran yang diterapkan oleh penulis derngan baik. Hasil kemampuan siswa menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61,44 termasuk kategori cukup baik, sedangkan nilai rata- rata pada siklus I mencapai 69,13, dan termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata- rata yang dicapai adalah 73,93. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 73,94. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 31 Purworejo . Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan, Menulis, Karangan Deskripsi, Lingkungan Sekitar Sekolah.