PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 45
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Rachmat Mustaqim. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo?. 2012 Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perubahan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas artinya bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 28 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hal ini dilihat dari hasil nontes prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil observasi pada prasiklus sebesar 74,28%, siswa masih kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus I ini sebesar 84,28% dan pada siklus II sebesar 97,14%, sebagian besar siswa sudah mulai mengikuti dan menikmati pembelajaran yang diterapkan oleh penulis derngan baik. Hasil kemampuan siswa menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 66,21 termasuk kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 76,71, dan termasuk dalam kategori baik. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10,5. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78,46. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,75. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Purworejo . Kata Kunci: Keterampilan Menulis Deskripsi, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share.