PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI NOVEL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI I KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 40
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Nuriyah. 2012. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Novel Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis resensi novel dengan model kooperatif tipe STAD, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa dalam menulis resensi novel, dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI SMA PGRI I Kebumen setelah mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Keraf (1989:274) yang mengemukakan bahwa resensi merupakan suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi (Slavin, 2009:4). STAD merupakan salah satu dari model kooperatif yang paling sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teori model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahap pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Teknik tes tertulis berupa hasil resensi novel siswa, sedangkan jenis nontes berupa angket, wawancara, dokumentasi foto, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam menulis resensi novel. Proses pembelajaran pada prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan ke arah yang positif. Rata-rata hasil tes kemampuan awal hingga siklus I terjadi peningkatan rata-rata sebesar 13,5 angka. Rata-rata hasil tes siklus I hingga siklus II terjadi peningkatan 2,95 angka. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada kemampuan awal mencapai 21,42% dan siklus I 92,8% terjadi peningkatan sebesar 71,435. Pada siklus II siswa yang memenuhi KKM sebanyak 100% atau 14 siswa. Kata kunci : menulis resensi novel, model pembelajaran kooperatif tipe STAD