PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS BERDASARKAN PENGEMBANGAN KRONOLOGIS MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 37
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Nourma Mufida. Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Berdasarkan pengembangan Kronologis Melalui Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas X SMA N 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pangajaran keterampilan menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) pengaruh penggunaan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri terhadap minat dan aktifitas siswa dalam menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (3) peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X2 SMA N 9 Purworejo. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran, minat dan sikap siswa, dan peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris dengan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis narasi ekspositoris, sedangkan teknik nontes catatan lapangan, observasi, kuesioner, wawancara dengan guru, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri dilakukan dalam empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. (2) minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar berseri menjadi lebih berkualitas dengan meningkatnya minat dan aktifitas yang positif dari prasiklus sampai dengan siklus II. (3) Pembelajaran menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar beseri dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA N 9 Purworejo karena siswa lebih dapat merangkai kalimat dengan baik dan lebih kreatif. Peningkatan ditunjukan oleh skor prasiklus menuju siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,7, sedangkan siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,9. Secara keseluruhan peningkatan skor dari prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan 17,4. Kata-kata kunci: narasi ekspositoris, pengembangan kronologis, gambar berseri