ABSTRAK Nita Pujiati. ?Nilai Religius Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan Skenario Pembelajaran di kelas XI SMA?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UniversitasMuhammadiyah Purworejo. 2012. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana unsur intrinsik novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye? (2) Bagaimana nilai religius novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye? (3) Bagaimana skenario langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius pada novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye di kelas XI SMA? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye, (2) mendeskripsikan nilai religius novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye, dan (3) menjelaskan skenario langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye di kelas XI SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik yang dikemukakan oleh Stanton (2007: 20), yakni tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, dan amanat (2) teori religius sastra yang dikemukakan oleh Mangunwijaya (1994: 27) yakni, (a) hubunganmanusia dengan Tuhannya, (b) hubunganmanusia dengan manusia, dan (c) hubungan manusia dengan alam sekitarnya, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah teks novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Fokus penelitian ini berupa hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam sekitarnya pada novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untukmenyajikan hasil analisis adalah teknik informal (Sudaryanto, 1993: 145). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye jalin terjalin menyatu dengan nilai religius yang terdapat di dalamnya. Tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan amanat tidak ada yang bertentangan dengan nilai religius yang terkandung di dalamnya serta bersama-sama membangun cerita dan memenuhi syarat sebagai karya sastra, (2) nilai religius novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye mencakup dua aspek yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi salat berjemaah, mengajarkan salat, mengajarkan salat, membaca Alquran, motivasi, khusyuk dalam salat, jujur, ikhlas, sabar, menutup aurat, menghargai waktu, bersyukur, dan perintah menuntut ilmu, (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi tolong menolong, sadaqah, bergaul dengan pemeluk agama lain, dan memberi salam serta nilai religius tersebut dikemas dalam cerita yang bernilai estetis dan tidak bersifat menggurui, dan (3) skenario pembelajaran nilai religius pada novel Hafalan Shalat Delisa terdiri atas enam langkah, yaitu (a) pelacakan pendahuluan, (b) pendekatan sikap praktis, (c) introduksi, (d) penyajian, (e) diskusi, (f) pengukuhan. Kata kunci : Nilai Religius, Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, Skenario Pembelajaran Novel diKelas XI SMA