ABSTRAK Najati. 2012. Skripsi. Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Isi Dongeng Menggunakan Media Komik pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Klirong Tahun Pelajaran 2011/2012. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini ialah 1) bagaimanakah pengaruh pembelajaran menulis kembali isi dongeng menggunakan media komik terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Klirong? 2) Bagaimanakah peningkatan prestasi keterampilan menulis kembali isi dongeng menggunakan media komik pada siswa kelas VII MTs Negeri Klirong setelah dilakukan pembelajaran menulis kembali isi dongeng menggunakan media komik?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis kembali isi dongeng menggunakan media komik terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Klirong, 2) mendeskripsikan peningkatan prestasi keterampilan menulis kembali isi dongeng menggunakan media komik siswa kelas VII MTs Negeri Klirong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap pengamatan; 4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) teknik tes; dan 2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Penggunaan media pembelajaran komik dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas menulis kembali isi dongeng siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya perhatian siswa selama penulis menjelaskan materi, keaktifan siswa bertanya jawab, keseriusan siswa dalam menyimak dongeng, siswa membuat catatan pokok-pokok dongeng, keantusiasan dan keseriusan siswa ketika menuliskan kembali isi dongeng, dan tidak adanya siswa yang mencontoh atau melihat pekerjaan temannya. Peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis kembali isi dongeng masih rendah yaitu 58,3. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 76,7. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 84,0. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis kembali isi dongeng dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Kata Kunci: Keterampilan menulis kembali, isi dongeng, dan media komik.