ABSTRAK Dalam satu dekade ini kita dipusingkan dengan sekelumit fakta tentang pelajar di Indonesia. Salah satu permasalahnnya adalah krisisjati diri atau self-character. Hal ini dibuktikan dengan melihat tingkat kejujuran pelajar, bahkan tingkat religi pun masih kurang. Dalam persaingan global negara-negara asia, seharusnya self-character dipersiapkan sejalan dengan usaha sekolah unggulan untuk berkompetisi. Yang kita perlukan adalah inovasi yang harus dilakukan sekolahuntuk menguatkan karakter siswa. Suatu media yang dapat memunculkan imajinasi mampu mengoptimalkan fungsi otak kananmelalui visualisasi (teks, gambar, warna). Peneliti menggunakan penggabungan komik dan media elektronik. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah sebagai berikut. (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran berupa komikelektronik? (2) Apakah implementasi komik elektronik dalam pembelajaran karakter? (3)Apakah pengembangan komik elektronik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dan metode penelitian kuantitatif.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengetahuan-pengetahuan baru melalui ?basicresearch?, atau untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan khusus tentang masalah-masalahyang bersifat praktis melalui ?applied research?, yang digunakan untuk meningkatkanpraktik-praktik pendidikan dan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran, respon siswaserta hasil ketuntasan belajar siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Perangkatpembelajaran yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah komik elekronik Kata Kunci: Komik elektronik, Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter.