ABSTRAK Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah tingkat motivasi menulis narasi melalui media film edukatif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis narasi melalui media film edukatif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat motivasi menulis narasi melalui media film edukatif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi melalui media film edukatif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teori Tarigan (2008: 22), yang menyatakan bahwa menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu; (2) teori Keraf (2008: 136), yang menyatakan bahwa narasi merupakan suatu bentuk wacana yang berusaha menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca suatu peristiwa yang telah terjadi; dan (4) teori Hamalik (1987: 23), yang menyatakan bahwa media pendidikan merupakan alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VII A SMP N 29 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis narasi pengalaman pribadi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan yang diperoleh peserta didik berdasarkan dua kriteria, yaitu proses dan hasil. Hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kemampuan menulis narasi dari prasiklus sampai dengan siklus II. Peningkatan motivasi mengenai keaktifan peserta didik meningkat dari prasiklus ke siklus I dan siklus II, yaitu dengan diketahui bahwa jumlah peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran semakin berkurang pada siklus I dan siklus II. Peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 58,37, pada siklus I sebesar 67,05, dan pada siklus II sebesar 72,35. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 8,68 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. Kata kunci: menulis, narasi, media, film edukatif, peserta didik