PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 25
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Istikomah Ulfa. ?Penggunaan Media Film Kartun sebagai Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas VII SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pembelajaran menulis karangan narasi dengan media film kartun siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (2) bagaimanakah pengaruh penggunaan media film kartun terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo setelah menggunakan media pembelajaran film kartun. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pembelajaran menulis karangan narasi dengan media film kartun pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (2) menjelaskan pengaruh penggunaan media film kartun terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (3) menjelaskan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo setelah menggunakan media pembelajaran film kartun Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahapan prasiklus, siklus I,dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal untuk menulis narasi, sedangkan nontes berupa lembar obsevasi, kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis karangan narasi oleh siswa, sedangkan teknik nontes berupa observasi, jurnal dan dokumentasi foto. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis tindakan yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Langkah-langkah pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media film kartun pada siklus I dan II dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperbesar minat dan perhatian siswa dalam nenulis karangan narasi. Pembelajaran menulis karangan narasi dengan media film kartun dapat meningkatkan minat belajar siswa, keaktifan, dan sikap atau perilaku siswa selama proses pembelajaran mengalami perubahan ke positif. Pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media film kartun pada siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata menunjukan 57 tergolong kurang, pada siklus I meningkat menjadi 70 tergolong cukup, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 84 tergolong tinggi. Kata kunci: menulis karangan narasi, media film kartun