PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA EKSPOSISI MENGGUNAKAN TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS VIII MTs NU AL SYAIRIYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 17
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Erma. ?Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Eksposisi menggunakan Teknik TANDUR pada Siswa Kelas VIII B MTs NU Al Syairiyah Limpung Kabupaten Batang Tahun Pembelajaran 2011/2012?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik TANDUR; (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik TANDUR; (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman, setelah menggunakan teknik TANDUR. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian di MTs NU Al Syairiyah Limpung Kabupaten Batang, subjek penelitian siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa 11 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi foto. Teknik analisis data berupa teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data adanya peningkatan membaca pemahaman siswa dari tiap siklusnya. Pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar siswa dalam pembelajaran dilakukan pratindakan. Pada pratindakan hasil belajar siswa mencapai 59,77 hal ini disebabkan guru menggunakan metode ceramah saja, dan kegiatan belajar yang kurang menarik. Pada siklus I perolehan hasil belajar mencapai 76,23dan siklus II mendapat 83,00.Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan membaca pemahaman dapat dilakukan dengan kegiatan membaca bacaan melalui LCD dan sisipi dengan gambar kejadian, mengadakan tanya jawab, melanjutkan mengubah suasana pembelajaran yang menegangkan menjadi menyenangkan dan mencari permasalahan dalam bacaan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Semula dari pratindakan perolehan nilai sebesar 4,94 meningkat menjadi 2,49 pada siklus I. Pada siklus II perolehan nilai meningkat menjadi 6,97. Berdasarkan penelitian ini, guru disarankan untuk memilih dan menerapkan metode yang tepat disesuaikan dengan materi yang diajarkan agar tercapai hasil belajar yang optimal. Kata-kata kunci: membaca pemahaman, teknik TANDUR