PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SUGESTIF MELALUI MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
Bahasa Indonesia 1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2012
ABSTRAK Nursyahbana, Alex Riyanto. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Sugestif Melalui Media Karikatur Pada Siswa Kelas XI SMK N 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pangajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi sugestif melalui media karikatur pada siswa kelas XI SMK N 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) pengaruh penggunaan media karikatur terhadap minat dan sikap siswa dalam menulis paragraf deskripsi sugestif pada siswa kelas XI SMK N 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi sugestif melalui media karikatur pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK N 7 Purworejo. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran, minat dan sikap siswa, dan peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi sugestif melalui media karikatur. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis paragraf deskripsi sugestif, sedangkan teknik nontes berupa catatan lapangan, observasi, kuesioner, wawancara dengan guru, dan dokumentasi foto. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi sugestif melalui media karikatur dilakukan mulai dari prasiklus, siklus I, sampai siklus II dan pada masing-masing siklus sama-sama melaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi sugestif kualitas menjadi lebih baik melalui media karikatur. (3) Pembelajaran menulis paragraf deskripsi sugestif melalui media karikatur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi sugestif siswa kelas XI SMA N 7 Purworejo. Skor prasiklus sebesar 65,71, siklus I sebesar 73,03, dan siklus II sebesar 74,16. Secara keseluruhan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 8,45. Kata-kata kunci : paragraf deskripsi sugestif, media karikatur