ABSTRAK Nur Khasanah. 082160244. Analisis Struktur dan Nilai Pendidikan Moral dalam Serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita serta Kemungkinan Pembelajarannya di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) struktur batin dalam serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita, yang meliputi tema, perasaan, nada dan suasana, serta amanat; (2) nilai pendidikan moral yang terkandung dalam serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita, dengan menekankan hubungan tokoh dengan dirinya sendiri, hubungan tokoh dengan orang lain, dan hubungan tokoh dengan Tuhanya; (3) kemungkinan pembelajaran di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan bidang kajian sastra. Subjek yang dijadikan dalam penelitian ini adalah struktur batin dalam serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita, nilai pendidikan moral dalam serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita, serta kemungkinan pembelajarannya di SMA. Adapun yang menjadi objek kajian adalah Serat Dasacarita Sato Wana karya Joodkali Padmapuspita (1987). Diterbitkan oleh Balai Pustaka tahun 1987, Jakarta dengan jumlah 59 halaman. Pengumpulan data dalam penelitiaan ini menggunakan teknik observasi dan teknik pustaka. Analisis data menggunakan metode analisis isi yang mengkaji isi teks dengan teliti dan menyeluruh. Hasil analisis dalam penelitian ini terdapat nilai pendidikan moral dalam serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita hubungannya antara tokoh dengan diri sendiri meliputi maut, malas, dendam, harga diri, takut. Nilai moral hubungannya dengan tokoh lain meliputi kekeluargaan, pengkhianatan. Adapun nilai moral hubungannya dengan Tuhan meliputi, durhaka terhadap Tuhan, takdir. Adapun struktur batin meliputi amanat, tema, nada dan suasana, serta perasaan. Penerapan pembelajaran serat Dasacarita Sato Wana Karya Joodkali Padmapuspita menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Kata kunci: struktur, nilai moral, pembelajaran