ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik Listrik dan Elektronika Dasar melalui tahapan pelaksanaan kegiatan model pembelajaran project work. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran praktik Listrik dan Elektronika Dasar dalam aspek : 1) peningkatan aktivitas belajar mahasiswa, 2) peningkatan prestasi hasil belajar. Penelitian yang dilaksanakan pada pembelajaran praktik Listrik dan Elektronika Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo ini meliputi empat kegiatan, yaitu : (a) pra-tindakan yang berisikan kegiatan observasi situasi dan kondisi kelas, (b) tindakan I sebagai tindakan awal, (c) tindakan II sebagai perbaikan strategi tindakan I, dan (c) tindakan III sebagai finalisasi kegiatan, penarikan kesimpulan pelaksanaan project work terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sesuai dengan prinsipnya Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi yang dipergunakan untuk pengambilan data aktivitas belajar, dan dokumentasi yang digunakan untuk pengambilan data terkait dengan hasil belajar. Teknik analisis data untuk mengukur penerapan model pembelajaran project work pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, hasil analisis data sebagai acuan dalam mengambil langkah perbaikan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project work mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Dasar, hal itu di tunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa sebesar 17,44% yaitu 82,56% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Model pembelajaran project work juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik Listrik dan Elektronika Dasar, hal itu ditunjukkan dari hasil pencapaian rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus II meningkat 6,68% yaitu sebesar 87 pada siklus I dan 84,68 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran project work dapat diterapkan pada mata kuliah Listrik dan Listrik Elektronika Dasar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya. Kata kunci : model pembelajaran, aktivitas, prestasi belajar.