ABSTRAK Aristiani. 2012. ?Peningkatan Keterampilan Menyimak Pawarta dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII MTs N Kebumen?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen masih rendah. Siswa belum dapat menyimak pawarta dengan baik. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang tepat. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran menyimak pawarta dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen, (2) bagaimanakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen, dan (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen setelah memperoleh pembelajaran dengan media audio visual? Penelitian ini menggunakan media audio visual sebagai sarana yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pawarta. Pendapat yang digunakan sebagai acuhan adalah Djamarah dan Zain (2010:124-125) yang menjelaskan bahwa media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Objek penelitian ini adalah keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data keterampilan menyimak pawarta dengan menggunakan media audio visual dan teknik deskriptif kualitatif untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menyimak pawarta dengan media audio visual adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, tindakan (kegiatan awal, kegiatan inti, penutup), pengamatan, dan refleksi. (2) Pengaruh pembelajaran media audio visual terhadap motivasi belajar siswa terjadinya peningkatan keterarah berdasarkan hasil observasi siswa, observasi guru, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi menunjukkan adanya pengaruh siswa kearah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak pawarta dengan media audio visual. (3) Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak pawarta pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen prasiklus adalah 65. Nilai ratarata keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen tahap siklus I sebesar 77 atau meningkat dari prasiklus ke siklus I sebesar 15,625%. Nilai rata-rata keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen pada siklus II adalah 88 atau meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75%. Peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus II sebesar 59,375%. Peningkatan keterampilan menyimak pawarta siswa kelas VIII MTs N 1 Kebumen juga diikuti perubahan aktivitas belajar siswa. Setelah mengikuti pembelajaran menyimak pawarta dengan menggunakan media audio visual para siswa menjadi lebih aktif dan antusias untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) memberikan motivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan menyimak pawarta, dan (2) perlu adanya model pembelajaran yang kreatif agar siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : menyimak, pawarta, media audio visual.