ABSTRAK Supriyanti. Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ka ranggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama yang terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, kemudian sumber data sekunder diperoleh mela lui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis datanya menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa SMP Negeri se- Kecamatan Karanggayam terhadap mata pelajaran matematika hanya sebatas kebu tuhan akan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus melalui proses untuk bisa. Proses tersebut berupa indikator-indikator yang berada pada unsur perhatian dan unsur kemauan. Mereka mempelajari matematika hanya sebatas menjalankan kewajiban yang diberikan sekolah. Kalau misalnya boleh memilih mereka tidak akan memilih pelajaran matematika. Kata kunci: Belajar, Minat belajar, Matematika