ABSTRAK Anton Mujahid, Pengembangan Media PembelajaranAlat PeragauntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaSistemStarter Mobil di SMK CiptaKaryaPrembun.. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran stand pada sistem starter mobil, kelayakan media pembelajaran stand pada sistem starter mobil, dan mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan pembelajaran alat peraga sistem starter mobil di SMK Cipta Karya Prembun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi hanya sampai uji coba terbatas. Teknikpengumpulan data menggunakan kuisioner (angket)dantes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun yang mendapatkan materi sistem starter yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 400 siswa. Obyek penelitian ada dua kelas, yaitu kelas XI TKR F dan XI TKR G. Kelas XI TKR F sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran alat peraga. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 70,25 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,25. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 9 dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga sistem starter mobil dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Cipta Karya Prembun. Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga, Hasil Belajar