UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE (PR) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK Ajeng Harini.?Eksperimentasi Model Pembelajaran Pictorial Riddle(PR) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dalam Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014?. Skripsi. Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran Pictorial Riddle (PR) atau siswa yang dikenai model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Prestasi belajar matematika dalam materi kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Purworejo tahun pelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksprimen I dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Model pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika siswa setelah dikenai perlakuan sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda dan instrumen tersebut telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Analisis data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I sebesar 76,774 dan kelas eksperimen II sebesar 70,667. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat thitung sebesar 3,088 dan ttabel sebesar 1,645 dengan taraf signifikansi 0,05. thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Pictorial Riddle(PR) lebih baik dari pada dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMP N 27 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : pictorial riddle (PR), numbered head together, prestasi belajar.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?