PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS GUIDED NOTE TAKING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
program studi ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2014
ABSTRAK Atina Nur Faizah. 102150012. 2014. Pengembangan Handout Fisika Berbasis Guided Note Taking guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X DI SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) guna menghasilkan, mengetahui kelayakan handout, mengetahui peningkatan motivasi belajar dan mengetahui respon peserta didik. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 peserta didik. Materi yang dikembangkan adalah materi alat optik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data dengan percentages correction dan Precentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi oleh tiga validator sebesar 3,18 dengan kategori ?baik? dan dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik analisis data Percentage Agreement dari dua observer sebesar 97,33% dengan kategori ?sangat baik?. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata sebesar 84,00 untuk post-test sehingga sudah mencapai KKM (75). Rerata perolehan skor motivasi belajar peserta didik sebesar 3,55 termasuk dalam kategori ? baik sekali?. Peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan handout Fisika berbasis guided note taking diperoleh rerata sebesar 3,40 termasuk dalam kategori ?baik? untuk pertemuan pertama, skor rerata 3,46 termasuk dalam kategori ?baik? untuk pertemuan kedua, skor rerata 3,50 termasuk dalam kategori ?baik? untuk pertemuan ketiga. Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan skor rerata 3,50 termasuk dalam kategori ?baik?. Dengan demikian handout Fisika berbasis guided note taking dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X dan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pada tingkat SMA. Kata Kunci : handout, guided note taking, motivasi belajar, R&D