PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENJUMLAHKAN, MENGURANGKAN, MENGALIKAN, MEMBAGI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V MI DI KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK Sri Nur Asriyah. Penguasaan Kompetensi Dasar Menjumlahkan, Mengurangkan, Mengalikan, Membagi Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas V MI di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rerata dan standar deviasi penguasaan terhadap kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan;(2) kategori dan pengelompokan penguasaan terhadap kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan februari 2012 sampai dengan bulan juli 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II MI di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 151 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes penguasaan kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan. Dari hasil pengolahan data hasil penelitian diperoleh rerata penguasaan sebesar 81,91% dan standar deviasi sebesar 12,12%. Dari rerata dapat diketahui bahwa penguasaan siswa termasuk dalam kriteria baik. Pengelompokan penguasaan siswa yaitu dalam kategori kelompok atas sebanyak 7 siswa, kelompok sedang sebanyak 17 siswa dan kelompok bawah sebanyak 11 siswa. Kata Kunci: Penguasaan, Kompetensi Dasar