ABSTRAK Agus Kusbandi. Penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa dengan penggunaan model pembelajaran The Power of Two pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Petanahan yang beralamat di Desa Munggu, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.F SMP Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen: lembar observasi yang diisi oleh guru mata pelajaran IPA dan peneliti serta angket kemampuan analisis siswa yang diisi siswa saat proses pembelajaran berlangsung dan menggunakan soal tes hasil belajar sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan model pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya rata-rata kemampuan analisis dan hasil belajar siswa. Sebelum menerapkan model pembelajaran The Power of Two, persentase rata-rata kemampuan analisis siswa sebesar 67,03%. Setelah menggunakan model pembelajaran The Power of Two kemampuan analisis siswa rata-rata 75,00% pada siklus I dan 86,88% pada siklus II, terdapat peningkatan sebesar 7,97% pada siklus I dan 11,88% pada siklus II. Selain kemampuan analisis siswa, hasil belajar siswa juga meningkat, hal ini terlihat pada nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat pada tiap siklus. Kata Kunci: The Power of Two, Kemampuan Analisis Siswa.