Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Make a Match pada Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model embelajaran kooperatif dengan metode make a match menghasilkan hasil belajar atematika yang lebih baik daripada metode pembelajaran ekspositori pada sub ateri pokok persegi panjang dan persegi kelas VII semester 2 SMP Negeri 3 utowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian MP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 192 siswa. Teknik pengambilan mpel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini lah 63 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. strumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil elajar matematika. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk bilan data. Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas kriterium alam arti memiliki kesejajaran antara hasil tes tersebut dengan kriterium. eliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji ormalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan