UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII E SEMESTER 2 SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
Matematika 95
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK Pujiyanto. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VII E Semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model cooperative learning tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar pada siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar klasikal siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 45,71% menjadi 62,86%, dan dari siklus II ke siklus III, yaitu dari 62,86% menjadi 77,14%. Selain itu, prestasi belajar siswa juga terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai siswa dan ketuntasan belajar klasikal siswa dari data awal ke siklus I yaitu rerata nilai siswa dari 45,43 menjadi 49,14 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 8,57% menjadi 25,71%, dari siklus I ke siklus II, yaitu rerata nilai siswa dari 49,14 menjadi 63,43 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 25,71% menjadi 54,29%, dan dari siklus II ke siklus III, yaitu rerata nilai siswa dari 63,43 menjadi 72,14 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 54,29% menjadi 80,00%. Kata-kata kunci: peningkatan, keaktifan belajar, prestasi belajar, cooperative learning tipe think pair share (TPS)
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?