UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH JONO TAHUN AJARAN 2011/2012
ABSTRAK Nur Haryanto. Upaya Peningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Pada Siswa Kelas VII Semester 2 Tahun Ajaran 2011/2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) peningkatan partisipasi ; (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII semester 2 dengan menerapkan metode Teams Game Tournament ( TGT ). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Jono, dengan sasaran penelitian siswa kelas VII sejumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan wawancara. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar kerja siswa, lembar soal dan angket. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TGT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Keadaan ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan partisipasi siswa sebelum dikenai tindakan sebesar 38,46% menjadi 62,32% pada siklus pertama kemudian meningkat lagi sebesar 70,97% pada siklus kedua. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa sebanyak 68,5% ketika sebelum dikenai tindakan menyatakan senang dengan penerapan metode TGT kemudian meningkat menjadi 73,53% setelah dikenai tindakan menyatakan senang dengan penerapan metode pembelajaran TGT. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, nilai rata-rata sebelum tindakan 5,9 dengan persentase 60% menjadi 6,6 dengan persentase 73,3% pada siklus 1 dan nilai rata-rata menjadi 7,3 dengan persentase 80% pada akhir siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat partisipasi dan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Jono termasuk katagori baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kinerja dari pra siklus ke siklus pertama dan dari siklus pertama ke siklus kedua. Kata-kata kunci : partisipasi, prestasi belajar