PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF DISERTAI REINFORCEMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP N 21 PURWOREJO
ABSTRAK Muslinah. P ngaruh Strategi Pembelajaran Induktif disertai Reinforcem S ent terhadap Pre tasi Belajar Matematika pada Sub Pokok Bahasan Segitiga . Univ wa Kelas VII SM ita Muhammadiy N 21 Purworejo. Skripsi. Pendidikan Matematika s h Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh str egi pembelajaran nduktif disertai reinforcement terhadap prestasi belajar matem ika siswa pada s b pokok bahasan segitiga. Populasi dalam penelitian ini a lah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 t ang berjumlah 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64, diten kan berdasarkan j mlah siswa setiap kelas dengan taraf signifikansi 5%. Pengam lan sampel meng unakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan ata menggunakan metode tes dengan soal-soal tes yang sudah diuji cobakan dan lah memenuhi sy rat validitas serta reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t. Hasil u i keseimbangan menggunakan uji t dan taraf signifikansi i 5% diperoleh DK