MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR LAS MELALUI INTEGRASI PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF PADA SISWA SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
#
My Library
Belum memasukkan lokasi
otomotif10 oktober 2
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2013
Abstrak: Mokhammad Ismail - 112170272. ?Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar las melalu Integrasi ?Ekonomi Kreatif?Pada siswa SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar peningkatan prestasi belajar mata pelajaran las dengan diterapkannya program ? Ekonomi Kreatif? SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (2) seberapa besar peningkatan kemandirian siswa dengan diterapkannya program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 12 A SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang berjumlah 21 siswa. Faktor yang diteliti yaitu kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Penerapan program ?Ekonomi Kreatif? dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran las siswa kelas XI TKR 12 SMK Taman Karya Madya teknik Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai praktek kelas XI TKR 12. Untuk kelas XI TKR 12, nilai rata-rata prestasi praktek mata pelajar las pada kondisi awal sebesar 69,76 pada siklus 1 sebesar 76,76 dan pada sisklus 2 sebesar 81,95. (2) Penerapan program ?Ekonomi Kreatif? dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi di SMK Taman Karya Madya teknik Kebumen Kata Kunci : prestasi belajar, kemandirian,ekonomi krea