Abstrak: M. Hajar Anwari.Implementasi Pendekatan PAIKEM Untuk MeningkatkanAktivitas Siswa Kelas XI SMKN 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP,Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah implementasi pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada kompetensimemperbaiki sistem rem siswa kelas XI SMK N 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2012/2013. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksan akan di SMK N 1 Wadaslintang padaKompetensiPerbaikan Sistem Rem Siswa KelasXI TKR 1. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,46% dan meningkat menjadi 75,76 % pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar pada kompetensi memperbaiki sistem rem kelas XI TKR 1 dengan nilai KKM 75 pada siklus I sebesar 74,70 dan pada siklus II sebesar 80,91. Selain itu prosentase ketuntasan belajar kelas tersebut meningkat dari siklus I sebesar 60,61 % dan pada siklus II sebesar 90,91%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PAIKEM