UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD SE-GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
Matematika 19
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK: Arum Puspasari. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Se-gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi bangun ruang siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 10 SD. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas dari dua SD yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan, yang dimulai pada bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Juli 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dari pengolahan data diperoleh rerata untuk kelas eksperimen adalah 75,583 dengan standar deviasi 10,023, sedangkan rerata untuk kelas kontrol adalah 66,90 dengan standar deviasi 16,913. Dari hasil pengolahan juga diketahui bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Kemudian untuk perhitungan hipotesis dengan uji t, diperoleh nilai = 2,475 dan =1,681 pada taraf signifikan 0,05. Karena > atau 2,475 >1,681 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H diterima atau H ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi bangun ruang siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), ekspositori, bangun ruang, cluster random sampling
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?