UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE CIRC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
Matematika 14
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK: Anto Pirdaus. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Metode CIRC terhadap Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dari pada pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran ceramah pada pokok bahasan keliling dan luas bangun segi empat kelas VII semester 2 SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 19 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 6 kelas dengan jumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan jumlah 64 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah hasil tes pemahaman konsep pada pokok bahasan keliling dan luas segi empat. Instrumen tes diujicobakan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 25 purworejo. Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas kriterium, dalam arti memiliki kesejajaran antara hasil tes tersebut dengan kriterium. Reliabilitas tes diuji dengan rumus Spearman-Brown. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t. Rerata hasil belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC diperoleh 88,01, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan metode pembelajaran ceramah diperoleh 80,03. Dengan = 0,05 diperoleh thitung = 3,64 > 0,1960= ttabel sehingga disimpulkan pemahaman konsep dengan metode CIRC lebih baik daripada metode pembelajaran ceramah terhadap pemahaman konsep pokok bahasan keliling dan luas bangun segi empat. Kata Kunci : Pembelajaran, CIRC, Ceramah.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?