ABSTRAK Ma?shum Luthfi. Pengaruh pemberian tugas terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Wadaslintang. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas terhadap motivasi belajar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP negeri 4 Wadaslintang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Wadaslintang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Wadaslintang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara undian. Cara pengupulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Dari hasil uji validitas diketahui dari 15 instrumen pemberian tugas terdapat 2 soal yang tidak valid, sedangkan instrumen motivasi belajar dari 15 instrumen terdapat 1 soal yang tidak valid Berdasarkan analisis deskriptif, secara umum diketahui bahwa motivasi balajar siswa kelas VIII SMP negeri 4 Wadaslintang termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 50,9%, pemberian tugas termasuk dalam kategori sedang yakni dengan presentase sebesar 54,9%. Analisis data ini dibantu dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel pemberian tugas mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan signifikan koefisien (r) sebesar 0,791, uji t sebesar 9,059 dengan sig 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,626 sehingga pemberian tugas memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 62,6 %