ABSTRAK Fajar Iswanto 2012. Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. 2. Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. 3. Apakah ada pengaruh dari minat dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, pengambilan sampel mengacu pada tabel krejcie dengan taraf signifikan 5% diperoleh sampel sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan metode analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuhi syarat validitas (r ? 0,3) dan reliabilitas (Alpha ? 0,7). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 39,47%, lingkungan belajar pada kategori cukup sebesar 36,84% dan pestasi belajar berada pada kategori rendah sebesar 36,84%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel minat secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 14% dengan r sebesar 0,375 (t = 2,392, sig < 0,05). Variabel lingkungan belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 12,90% dengan r sebesar 0,359 (t = 2,276, sig < 0,05). Hasil analisis korelasi ganda,diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,492 (F= 5,595, sig < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,242. Besarnya sumbangan minat dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 24,20% dan 75,80% dipengaruhi oleh faktor lain