ABSTRAK Evi Gustianti. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen. Skripsi. Purworejo. Pendidikan Ekonomi. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan produk terhadap volume penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen? (2) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan harga terhadap volume penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen? (3) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan saluran distribusi terhadap volume penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen? (4) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap volume penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen? (5) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel-variabel marketing mix secara bersama-sama terhadap volume penjualan di Home Industri Batik Kebumen Dusun Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen? Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang pengrajin batik kelompok Lukulo dan Sekar Jagad. Sampel penelitian yang berjumlah 23 orang pengrajin batik kelompok Lukulo dan Sekar Jagad, ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5 %. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Interview, (3) Dokumentasi dan (4) Kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah Regresi Ganda. Hasil analisis regresi mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan produk sebesar 44,7 % (r = 0,669; t= 4,122; sig. < 0,05) terhadap volume penjualan. Hasil analisis regresi mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan harga sebesar 69,6 % (r = 0,834; t = 6,937; sig. < 0,05) terhadap volume penjualan. Hasil analisis regresi mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan saluran distribusi sebesar 56,7 % (r = 0,753; t = 5,245; sig. < 0,05) terhadap volume penjualan. Hasil analisis regresi mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan promosi sebesar 55,8 % (r = 0,747;t = 5,153; sig. < 0,05) terhadap volume penjualan. Hasil analisis regresi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel-variabel marketing mix secara bersama-sama sebesar 88,8 % (r = 0,942; F = 35,615; sig. < 0,05) terhadap volume penjualan dan sisanya sebesar 11,2 % dipengaruhi oleh faktor lain.