ABSTRAK ?Pengaruh Tingkat Partisipasi Siswa Pada Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar IPS SMP N 25 Purworejo" Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ?apakah tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS belajar siswa kelas IX SMP Negeri 25 Purworejo. Populasi penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 221 siswa, jumlah sampel ditentukan berdasar tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% berjumlah 135 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Berdasar uji validitas variabel tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi semua item valid, sedangkan uji reliabilitas variabel tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi mempunyai nilai alpha 0,851. Berdasar analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi terdapat pada klasifikasi cukup sebesar 50,37 % dan hasil belajar IPS siswa pada kategori baik sebesar 64,44 %. Berdasarkan analisis kuantitaif, diperoleh data koefisien korelasi antara tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi terhadap hasil belajar IPS r sebesar 0,392, dan dari uji t diperoleh thitung = 4,909 dengan sig 0,000. Karena sig = 0,000 ? 0,05 maka dapat dikatakan signifikan, berarti hipotesis diterima dimana ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi terhadap hasil belajar IPS.