ABSTRAK Detik Setyandani.Pengaruh Kepuasan dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UD ?SANTOSO PUTRO? Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas pelanggan? (2) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan terhadap loyalitas pelanggan? (3) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan dan pelayanan secara bersama ? sama terhadap loyalitas pelanggan?. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan terhadap Loyalitas pelanggan pada ?UD SANTOSO PUTRO? Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan pada ?UD SANTOSO PUTRO? Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan dan pelayanan secara bersama-sama terhadap Loyalitas pelanggan pada ?UD SANTOSO PUTRO? Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 35 pelanggan, berdasarkan tabel krecjie penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan taraf kesalahan 5% adalah 32 Pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode dokumentasi, dan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan rumus Regresi linier berganda, Uji F dan Uji t. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuhi syarat validitas (r ? 0,3) dan reliabilitas (Alpha ? 0,7). Hasil Berdasarkan uji realibilitas variabel kepuasan mempunyai nilai alpha 0,862 , pelayanan mempunyai nilai alpha 0,900 , dan loyalitas mempunyai nilai alpha 0,855. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh antara kepuasan, pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kepuasan berada pada kategori Cukup yaitu 59%, (2) Tingkat pelayanan berada pada kategori cukup yaitu 59%, dan (3) Tingkat loyalitas pada kategori tinggi yaitu 66%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel kepuasan dan pelayanan secara positif dan signifikan mempengaruhi tingkat loyalitas sebesar 37,2% dengan koefisien rx1y sebesar 0,610 dengan (t 3,345 sig = 0,001