ABSTRAK Deni Setiawan. Pengaruh Perhatian dan Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo Tahun 2011/2012. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Perumusan masalah skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian terhadap motivasi belajar siswa. (2) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. (3) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara perhatian orang tua dan status sosial ekonomi, terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian berjumlah 95 siswa. Sampel yang diambil 75 dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket. Pengolahan data dilakukan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS for windows 16.0. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa perhatian berada pada kategori kurang dengan prosentase 52%, status ekonomi dinyatakan cukup 44%, motivasi belajar dinyatakan cukup 60%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel perhatian terhadap motivasi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan (r) sebesar 0,916 dengan sig = 0,000< 0,05 dan koefisien determnasi (r2) sebesar 0,839 sehingga perhatian memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 83,9%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel status ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan (r) sebesar 0,710 dengan sig = 0,000< 0,05 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,504 berarti status ekonomi memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 50,40%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel perhatian dan status ekonomi secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan R sebesar 0,916 dan Fhitung sebesar 188,620 dengan sig = 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,839. Sehingga perhatian dan status ekonomi orang tua secara bersama-sama memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 83,9%. Persamaan regresi Y = 3,913 + 0,897 X1 + 0,395 X2 dan sisanya sebesar 16,1% dipengaruhi variabel lain. Dengan demikian hipotesis diterima