Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian keterampilan menyimak siswqa kelas V SD/ MI Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai keterampilan menyimak siswa kelas V SD/ MI Muhammadiyah Se-KAbupaten Purworejo, terumata kelas (1) pemahaman makna kata/ ungkapan yang diucapkan, dan (2) pemahaman wacana yang diucapkan. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, tim peneliti telah (1) meneliti pemahaman makna kata/ ungkapan yang diucapkan, dan pemahaman isis wacana yang diucapkan, baik monolog atau dialog, (2) menerapkan kerangka teori yang merupakan gabungan eklektis tentang keterampilan menyimak dari amir achsin, Jazir Burhan, Amaran Halim, Montgomery, Yus Rusyana dan Sutardi Wirasasmita, dan Hanry Guntur Tarigan. Keterampilan menyimak para siswa kelas V SD/ MI Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo barulah mencapai 50%. Keterampilan menyimak siswa SD/ Mi Muhammadiyah Purworejo baru mencapai 52%, siswa SD/ MI Muhammadiyah Krendetan baru mencapai 51%, sedangkan siswa SD/ MI Muhammadiyah Kutoarjo baru mencapai 47%.